Berbagi Bersinergi - PT Tridaya Sinergi Indonesia

BERITA

PT TRIDAYA SINERGI INDONESIA


Sekilas Tentang Kenaikan Produk SIN.TSI 2016

 

 

Mitra TSI, seperti kita tahu bersama, bahwa untuk menentukan harga dari sebuah barang/produk melibatkan banyak komponen dan aspek seperti : bahan baku, promosi hingga distribusi produk hingga sampai ditangan konsumen.

Didalam industry rokok secara konvensional pun demikian, banyak komponen yang terlibat diantaranya :

Distribusi

Untuk mendistribusikan produk rokok ke seluruh penjuru tanah air, perusahaan rokok menetapkan kebijakan harga berdasarkan zona dan tingkatan penguasaan suatu wilayah, dimulai dari level pulau (jawa, Sumatra, dll) , level setingkat provinsi, level kota / kabupaten, level wilayah, hingga kecamatan, dan dari masing – masing tingkatan itu memiliki level harga yang berbeda antara satu level kelevel lainnya hingga akhirnya level grosir, toko besar hingga warung , semua rangkaian harga – harga terbentang hingga menghasilkan satu angka rupiah alokasi harga distribusi.

Promosi

Pernah melihat iklan rokok ? dimana saja ? yaa hampir disemua media kita melihat dan mendengar iklan rokok meskipun saat ini dengan batasan batasan tertentu terkait jam tayang, maupun lokasi tayang ( seperti di Jakarta yang saat ini tidak diperkenankan memasang billboard rokok di area Jakarta ). Berapakah budget untuk biaya promosi rokok ? fantastis, untuk jam tayang di televise nasional saja, dengan ukuran satuan waktu Detik demi detik bisa menembus angka satu milyar rupiah untuk anggaran promosi mingguan nya. Nah itu lah ongkos promosi yang perlu dibayar oleh perusahaan rokok dengan tujuan memperkenalkan produk kepada konsumen akhir, sehingga konsumen datang kewarung/toko tinggal menyebutkan merk nya setelah ia melihat iklannya di media.

Cukai

Setiap rokok yang beredar dimasyarakat dipastikan berlabel cukai, kepingan cukai ini perlu ditebus, setiap tahunnya pemerintah menaikkan cukai bisa lebih dari 10% dan setiap kenaikan, tetap saja rokok ini marketnya sangat massive, target cukai selalu tercapai. Pendapatan dari cukai rokok dalam 3 tahun terakhir ini menembus 100Triliyun setiap tahunnya. Ini berarti cukai rokok merupakan penyumbang pajak terbesar setelah minyak dan gas bumi.

Bahan Baku

Bahan baku utama hingga kemasan, merupakan salah satu komponen saja, dan bahan baku ini bagi industry rokok konvensional adalah yang paling dimungkinkan untuk dilakukan efisiensi, dalam hal saos maupun bahan baku lainnya. Karena bagaimana tidak  dari 3 point komponen diatas, perusahaan rokok tidak bisa berkutik tatkala cukai naik dan biaya promosi juga naik, maka bahan baku utama inilah yang paling mungkin di adjust ( disesuaikan ).

 

Lalu bagaimana dengan policy / kebijakan Harga Rokok SIN.TSI ? , tentu saja, produknya kan sama rokok, maka tiada berbeda dengan rokok yang lain, karena jika kita perhatikan ada 4 komponen utama dalam menentukan harga sebungkus rokok. Kita akan kupas  3 komponen saja, karena komponen CUKAI sudah tidak dapat diusik lagi , sudah mutlak kenaikan cukai adalah dari pemerintah ( penguasa _red )

 

Bahan Baku (harga parbrik)

Kenaikan bahan baku yang dimaksud disini adalah kenaikan dari pabrik terkait sumber daya manusia, seperti kita ketahui bersama, upah minimum di seluruh wilayah pelosok negeri mengalami kenaikan, maka pun demikian halnya dengan rokok SIN.TSI dan juga kenaikan bahan baku yang tak dapat dielakan lagi, demi menjaga standard kualitas rasa, maka perusahaan pabrikan dalam hal ini akan mengikuti kebijakan supplier bahan baku.

 

Promosi

Siapakah promotor produk SIN TSI ? ya, anda , mitra TSI yang merupakan promotor sekaligus corong dari produk SIN TSI yang dari hari ke harinya terus berupaya untuk menyebarkan manfaat produk SIN TSI , dan seiring dengan kenaikan kebutuhan ekonomi, maka perusahaan meningkatkan juga Biaya PROMOSI dalam hal ini yang tertuang dalam system pemasaran yang kita kenal dengan MP.14. dan diharapkan dengan kenaikan nilai alokasi Promosi ini, menjadikan suntikan semangat tambahan di tahun 2016.

 

Distribusi

Dimana anda mendapatkan produk SIN TSI ?  di Stokis tentunya, atau di point distributor, atau langsung di cabang terdekat.  Itulah jalur distribusi , Mulai dari Gudang, Cabang,  Point Distributor hingga Stokis. Di tahun 2016 ini, selain kenaikan pada komponen cukai, bahan baku, promosi(mp.14) juga kenaikan dalam hal komponen distribusi.

Mitra TSI yang baik, dari ke empat komponen kenaikan itu , maka dengan pengetahuan ini, semoga Mitra TSI menjadi lebih faham bahwa dalam menentukan kenaikan harga produk sangat berkaitan erat dengan tidak hanya satu komponen saja.

Siap dengan kenaikan di 2016 ?

#menujusepuluhjuta

#tutuppointnasional