Berbagi Bersinergi - PT Tridaya Sinergi Indonesia

BERITA

PT TRIDAYA SINERGI INDONESIA


Dunia Usaha di era VUCA

 

 

Alhamdulillah, atas ijin Allah, Tridaya Sinergi Indonesia tahun ini memasuki tahun ke lima. Banyak tantangan yang telah dilewati oleh TSI selama lima tahun ini, dan tantangan tersebut satu per satu dihadapi dengan kekuatan sinergi antara ketiga komponen TSI yaitu Produsen , Management dan tentunya MITRA TSI. Mitra TSI yang senantiasa kami banggakan, seperti kita tahu bersama, saat ini kita memasuki dunia usaha di era VUCA yaitu singkatan dari ( Volatility, Uncertainty, Complexity, Ambiguity ) Volatily adalah dinamika perubahan yang sangat cepat, Uncertainly diartikan sebagai kurangnya prediktabilitas terhadap isu dan peristiwa yang terjadi, Complexity yaitu adanya gangguan dan kekacauan yang mengelilingi setiap organisasi. Sedangkan Ambiguity didefinisikan sebagai beban berat realitas dan makna yang berbaur dari berbagai kondisi yang ada.

 

Banyak organisasi yang berjuang untuk tetap bertahan dan selaras dalam sifat VUCA tersebut. VUCA world yang berpengaruh pada dunia bisnis ternyata berpengaruh secara signifikan pada sumber daya manusia.

 

Lalu, bagaimana menghadapi VUCA World bagi seorang Leaders ? . jawabnya dengan metode yang juga dikenalkan di dunia leadership yaitu : FLIP ( Focus , Listen, Involve, Personalize ) berikut penjelasan dari seorang inspirator sukses mulia Jamil Azzaini “Orang yang sibuk belum tentu produktif. Di era yang distruptif ini, kita wajib memfokuskan pikiran dan tindakan kepada sesuatu yang berdaya hasil tinggi. Orang yang bingung dan tidak memiliki prioritas akan kandas. Jebakan rutinitas bisa membuat seseorang menjadi korban VUCA. Duduklah sejenak, temukan hal-hal yang memiliki daya hasil tinggi setelah itu lakukanlah, fokus dan jangan tergoda melakukan yang lain. Listen atau mendengar bukan asal mendengar. Mendengarkannya juga perlu focus. Karena di era social media kali ini, informasi berseliweran datang tanpa saringan. Informasi hoax dianggap kebenaran. Dengarkanlah hal-hal yang penting, bukan mendengarkan informasi murahan yang tidak diperlukan untuk meningkatkan kualitas kehidupan. Fokuslah mendengarkan hal-hal yang berdaya hasil tinggi.

 

Involvement itu bermakna membangun keterlibatan yang luas dan menghapus kebiasaan bekerja pada silo masing-masing. Eranya sekarang era “sharing” kita perlu memperluas keterlibatan kita di aspek-aspek yang berdaya hasil tinggi. Era selfis, egois sudah wajib dikikis. Yang tidak terlibat dengan banyak pihak akan sekarat.

 

Dunia semakin tidak ada batas namun ternyata orang masih ingin diperlakukan secara personal (personalize). Lakukan diskusi, percakapan dan layanan dengan sepenuh hati secara personalize. Meski kita berkomunikasi secara masal namun mesti terasa personal bagi banyak orang.

 

Dan sebagai respon terhadap tantangan yang dihadapi oleh Mitra TSI di lapangan, dengan segala kompleksitas, keragu-raguan, ketidakjelasan dan ketidakpastian, TSI Management meluncurkan produk yang memiliki daya dukung PRO MITRA. Pada tanggal 1 Oktober 2016 departement Riset dan Pengembangan Usaha yang dipimpin bapak Banyu Permana Sidik, memberlakukan penambahan fitur untuk melengkapi Sistem Utama MP.14 yang sudah berjalan selama 2 tahun terakhir yaitu MARKETING PLAN PROMOTION TSI.  Klik link ini untuk penjelasan lebih detail mengenai MP Promotion.