Berbagi Bersinergi - PT Tridaya Sinergi Indonesia

BERITA

PT TRIDAYA SINERGI INDONESIA


EKSTRA KERJA EKSTRA HASIL

 

 

Sebelum saya share tentang salah satu sejarah dari WA sebagai pengetahuan tambahan kita, ada yang menarik dari sejarah bagaimana WA ini bisa melejit, yaitu kerja ekstra dari seorang pengusung konsep WA yaitu Jan Koum, dalam release di thread nya  yang pada saat itu awalnya dialamatkan ke perangkat iphone,  Jan Koum mengatakan : “saya menghabiskan USAHA LEBIH BANYAK untuk memastikan aplikasi ini berjalan dengan baik”.

 

Ya, ekstra tenaga, ekstra waktu, ekstra fikiran… setiap karya dan usaha yang dilakukan memerlukan totalitas fikir dan fisik, pengabaian atau tidak responsnya konsumen atau calon mitra kita jangan membuat kita surut. Terbukti, walaupun awalnya di acuhkan , namun tak berapa lama, aplikasinya diterima dan terus melejit hingga penggunanya saat ini hampir menyamai pemakai facebook di dunia!.

 

Jika kita berteman penolakan, pengabaian, pengacuhan, jangan surut, terus melaju, kita saksikan bersama, hampir semua pemilik smartphone memiliki WA , betul apa betul ?  dan Jan Koum ? yaa dia sekarang beda dengan 7 tahun lalu, dia sekarang seorang Triliuner….

 

 

Salam Sinergi !

 

 

Sejarah WhatsApp

 

WhatsApp didirikan pada 24 Februari 2009, berarti sekarang WhatsApp sudah menginjak usia keenam. WhatsApp didirikan oleh Brian Acton dan Jan Koum yang pernah bekerja sebagai pegawai Yahoo. Bermodalkan tabungan sebesar $400.000 yang diperoleh selama bekerja di sana, Koum mengunjungi temannya, Alex Fishman untuk berdiskusi mengenai App Store yang kala itu baru berusia 7 bulan, Koum merasa toko ini menyimpan potensi. Fishman kemudian membantu Koum mencarikan pengembang aplikasi iPhone bernama Igor Solomennikov yang berasal dari Rusia.

 

Tapi meskipun WhatsApp Inc telah berdiri, aplikasi WhatsApp sendiri masih jauh dari beres. Dalam beberapa percobaan, WhatsApp mengalami crash dan gagal berjalan seperti yang diharapkan. Putus asa, Koum berniat menutup perusahaannya dan mencari pekerjaan lain. Namun Brian Acton mendorongnya untuk tetap bertahan beberapa bulan lagi. Pada akhirnya setelah melewati fase beta yang cukup panjang, pada bulan November 2009, WhatsApp resmi memulai kiprahnya di App Store. Sebelumnya, Koum telah membujuk Acton dan lima mantan pegawai Yahoo! lainnya untuk berinvestasi. Setelah mengunjungi App Store, pada bulan Januari 2010 WhatsApp mengembara ke BlackBerry Store dan disusul Android pada bulan Agustus.

 

Meskipun statusnya telah diubah dari gratis ke berbayar, popularitas WhatsApp tetap melesat cepat di hampir semua platform. Per Februari 2013 pengguna aktif WhatsApp meledak di angka 200 juta. Angka ini membengkak dua kali lipat pada bulan Desember dan naik lagi menjadi 500 juta pada bulan April 2014. Dan per September 2015, pengguna aktif WhatsApp tercatat sebanyak 900 juta.

 

Pesatnya pertumbuhan itulah yang membuat Facebook tergila-gila pada WhatsApp. Gayung bersambut, WhatsApp Inc menerima pinangan Facebook dengan mahar sebesar $19 miliar. Pasca berganti bendera, Facebook tidak melakukan banyak perubahan pada WhatsApp, tetap dipatok banderol per tahun dan tanpa iklan. Tidak seperti yang ditakutkan oleh banyak orang.