Berbagi Bersinergi - PT Tridaya Sinergi Indonesia

BERITA

PT TRIDAYA SINERGI INDONESIA


PERSIAPKAN CERITA ANDA !

 

 

 

"People do not buy goods and services. They buy Relations, Stories, And Magic" 

Seth Godin

Salah satu quotes dari Seth Godin ( pakar marketing dan management dunia ) memicu saya untuk menulis dan berbagi dengan anda mitra TSI yang senantiasa kami banggakan. 

Apa artinya dan apa pentingnya saya share ? berikut penjelasannya :

 

Begini, para pakar management, marketing, bisnis di dunia terus mengupayakan cara - cara paling efektif dalam melakukan penjualan baik barang maupun jasa. berbagai cara , strategi, teknik, pelatihan, dan ribuan rumus rumus penjualan dikembangkan diberbagai belahan dunia. Memang pada akhirnya ratusan sampai ribuan teknik menjual akan terus bertumbuh seiring bertumbuhnya pola perilaku manusia, produk dan jasa yang dijual dan sistem ekonomi yang menopang semua kegiatan jual beli. 

Arti dari quotes tersebut adalah bagaimana sebuah produk dan jasa bisa sampai dari penjual ke pembeli adalah dikarenakan banyak faktor yang diantaranya adalah bahwa sampainya produk dan jasa di tangan pembeli bisa jadi karena hubungan baik penjual dengan pembeli, kisah dibalik terlahirnya dan terciptanya produk atau jasa tersebut, dan terakhir adalah faktor magis yang bisa membuat pembeli kecantol bin kesemsem dengan produk yang kita tawarkan. 

Saya membaca dan mencermati, lalu diskusi dalam group WA dengan pakar branding (bpk Subiakto_pak Bi ) , menyimpulkan bahwa apa yang disampaikan oleh Seth Godin itu sudah kami (Mitra TSI) lakukan !  Artinya, bahwa kita, dalam menjual produk TSI yang sudah melakukan hal - hal yang disebutkan dalam Quotes tersebut. perhatikan : 

1. Relations - Hubungan Baik, sebagai seorang Mitra TSI yang produknya berbasis manfaat, Mita TSI sangat menjaga sikap dan hubungan baik dengan siapapun, karena kelak, apapun yang ditawarkan oleh mitra TSI maka calon konsumen akan membuka diri untuk kemudian mendengarkan apa yang ditawarkan oleh seorang Mitra TSI. seringkah kita membeli produk atau jasa hanya karena kita memiliki hubungan baik dengan si penjual ?.

 

2. Stories - Nah , yang satu ini juga Mitra TSI udah paling sering dilakukan, bahkan hampir setiap prosesi prospek kita melakukannya ya kan ? bahasa sundanya 'ngadongeng'  . hanya memang berceritanya tentang produk TSI, apa yang diceritakan ? seputar testimoni manfaat dan khasiat dari produk, Betul ? nah... tinggal bagaimana mitra TSI terus mengembangkan struktur bercerita yang lebih terstruktur dengan artikulasi yang jelas, dan orang lekas mengerti apa yang kita ceritakan.

 

3. Magic - Hal magis memang sangat dihindari oleh kaum barat, namun akhir - akhir ini kata magic kembali disematkan dalam ilmu management, leadership dan bisnis, namun maksudnya memang bukan tentang klenik dan lain lain... , yang dimaksud magic ini adalah bagaimana ketika calon mitra /konsumen sudah terbina hubungan baik, dan sudah mengenal story dari produk yang kita bawakan, mereka merasakan kepuasan dan keselarasan antara rasa dari produk itu dan cerita yang kita sampaikan. maka magic works! calon mitra akan serta merta mendaftarkan diri untuk join jadi mitra TSi didalam group anda. 

 

SELANJUTNYA, apa pengtingnya 3 Hal diatas ( Relations, Stories, Magic )  bagi kita Mitra TSI ? , tentunya, kita memerlukan persiapan, persiapan, persiapan. apa yang kita persiapkan ? yang perlu dan penting kita persiapkan adalah :

1. Terus jalankan silahturahim, baik didarat maupun di dunia maya ( facebook, instagram, dll ) hal ini untuk memeperluas garapan kita. dan pastikan senantiasa tidak melakukan hal - hal yang tidak mendukung terhadap tujuan kita seperti ketika kita di facebook, gunakan dan pilih kata - kata yang tidak menyinggung, buatlah kata - kata yang positif dan membangun. 

 2. Merancang cerita yang menjadi MASTER dari cerita kita , lalu latihlah dalam penyampaiannya baik di depan perorangan maupun dihadapan publik, group ( lebih dari 1 orang ) latihan bisa dilakukan dengan bimbingan dari leader ataupun suport sistem dari perusahaan ( PIM 1, PIM 2 ) memastikan bahwa kita memiliki struktur cerita yang dapat dimengerti oleh orang lain dan dapat menggugah orang lain hingga berakhir dengan bergabungnya calon mitra dalam group anda. 

3. Magic, magic akan tercipta ketika kita sudah memersiapkannya dengan baik, magic akan muncul ketika kita dapat menyampaikan cerita dengan baik dan menggugah, dan pastikan kita memiliki produk yang dapat di rasakan saat itu juga oleh calon mitra, dan biarlah calon mitra menikmati daya magis produk yang sebelumnya kita telah ceritakan. 

 

Mitra TSI yang baik, jadilah sekuat baja , karena kita kan menempa besi, banyak saudara - saudara kita diluar untuk kita angkat tinggikan, kuatkan, sukseskan dan bahagiakan. 

 

Salam Sinergi